-->

Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat Backlink


Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat Backlink - Saat ini, backlink merupakan sebuah kata yang asing lagi, bagaimana tidak, banyak sekali ahli seo yang menawarkan jasa mencari backlink, dan sejenisnya, padahal mencari backlink juga tidak terlalu sulit. Sebagai seorang awam seperti saya, pasti akan bingung apa itu backlink yang sebenarnya.

Iya, pertama kali mengenal blog, saya lalu bergabung ke grub blogger-blogger dan disana terdapat sekali orang-orang yang memiliki tingkatan " mastah ". Saya penasaran, saya ingin bertanya, namun takut malah dibully habis-habisan entar. Sejak saat itu, saya mencoba searching ke google, saya baca sampai akhir dan akhirnya saya paham apa itu backlink.

Pemahaman saya, akan saya coba bagikan ke kalian semua, melalui postingan kali ini, dan sangat cocok untuk dipelajari bagi kalian yang sedang mencoba menekuni blog anda. Tanpa basa-basi lagi ya sobat.

A. Pengertian Backlink

Berasal dari 2 kata yang berbeda yaitu back yang berati kembali dan link adalah sebuah tautan. Berati jika diartikan, backlink adalah sebuah tautan yang berada pada situs lain dan mengarah ke situs kita, yang bisa juga diartikan sebagai inbound link. Saat ini, kata yang tidak asing tersebut sudah menjadi salah satu aspek penting dalam SEO.

Kenapa tidak, pasalnya, pengaruh backlink dapat mengubah situs kita pada posisi search engine menjadi peringkat pertama dengan mudah. Namun tidak segampang itu, mencari backlink memang mudah, namun yang sulit adalah soal kualitasnya. Google memandang situs tersebut berkualitas apabila mempunyai inbound link yang berkualitas pula.

B. Cara Kerja Backlink


Cara kerja backlink tidak terlalu rumit. Semua situs yang memasang tautan mengarah pada situs anda, sudah dapat dikatakan sebagai kerja backlink. 

C. Fungsi dan Manfaat Backlink

Banyak sekali manfaat dari backlink yang tidak bisa disebutkan satu-satu. Namun terdapat sebuah fungsi utama kenapa backlink sangat penting dalam peranan SEO. Berikut adalah manfaat dan fungsi utama backlink :

1. Meningkatkan Posisi Blog pada SERP
Sudah tak dapat dipungkiri lagi. Cara meningkatkan posisi blog pada serp adalah mencari backlink, bukan optimasi berlebihan lainnya. Karena memiliki backlink yang banyak ditambah dengan kualitas yang bermutu, otomatis Page Authority dan Domain Authority juga memiliki nilai yang besar. Maka peluang mendapatkan pageone tidak akan sulit lagi. Untuk meningkatan posisi serp, selain mencari backlink juga harus menulis artikel yang benar, baca tips : Cara Menulis Artikel yang Baik, Benar serta berkualitas

2. Mempertahankan Posisi Blog pada SERP
Selain meningkatkan, juga mempertahankan loh sobat. Ketika artikel anda sudah meranjak ke page one dan memiliki otoritas yang tinggi, fungsi kedua backlink akan berlaku. Persaingan semakin ketat dan kita tidak ada perubahan apapun pada blog? Posisi tersebut akan mudah tergusur, oleh karena itu, mulailah anda untuk mencari backlink yang berkualitas, dan presentasi kemungkinan tergusur akan berkurang.

3. Meningkatkan Ranking
Ranking alexa, atau yang sejenisnya akan mudah meruncing hanya karena backlink yang berkualitas. Tidak hanya itu, otoritas situs anda juga akan meningkat secara drastis ataupun perlahan tergantung dengan anda mencari backlink. Namun percayalah, situs anda akan memiliki ranking yang runcing dan pageviews yang banyak. Loh kok bisa? karena 2 faktor diatas juga.

Nah, itulah beberapa hal penting mengenai backlink, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata, mohon maafkan saya.
Facebook CommentsShowHide

4 comments

wah keren nih,,, makasih udah share dan berbagi,,,, infonya sangat bermanfaat sekalki,,, jangan lupa komen backnya di ronalsf.blogspot.com

Balas

..Ada manfaatnya juga ya gan..Terutama untuk faktor SEO ..komen back agan-sense.blogspot.com

Balas

Iya mas sama-sama dalam blogging memang harus mengerti akan hal SEO untuk meningkatkan pengunjung website /blog kita

Balas

Banyak sekali mas manfaatnya mulai dari meningkatkan serp di google hingga memperbanyak pengunjung

Balas

KOMENTAR ANDA?