-->

Cara Mengatasi Sakit Telinga Saat Naik Pesawat

Cara mengatasi sakit telinga saat naik pesawat.Apakah anda sering melakukan perjalan menggunakan pesawat? Mungkin anda pernah merasakan nyeri atau rasa sakit pada telinga ketika pesawat naik atau turun. Bagaimana itu bisa terjadi? Penasarankan dengan kejadian tersebut. Nah disini ada beberapa informasi mengenai sebab terjadinya nyeri pada telinga. Dengan berkembangnya perjalanan bisnis dan pariwisata di seluruh dunia, pengguna pesawat udara sangat meningkat. 

Cara mengatasi sakit telinga apalagi ketika naik pesawat udara umumnya terbang pada ketinggian sekitar 10.000 meter dengan tekanan udara lebih rendah daripda di permukaan bumi. Perbedaan tekanan ini mengakibatkan nyeri teling pada mereka yang peka. Pada waktu pesawat naik, tekanan udara agak menurun dan hal ini mengakibatkan udara keluar dari ruang gendang telinga sehingga tekanan di kedua sisi gendang pendengar tetap sama. Pada saat pesawat menurun terjadi kebalikannya karena tekanan udara dala kabin di naikan lagi sampai nilai normal. Kini udara luar cendrung mengalir  kembali kerongga gendang, tetapi hal ini dihindari karena lubang TE di rongga hidung/tenggorokan tertutup oleh tekanan luar yang lebih tinggi. Dengan demikian diruang TT terjadi tekanan rendah dan GP ditarik kedalam. Keadaan ini yang dapat menimbulkan rasa nyeri.


Cara mengatasi sakit telinga saat naik pesawat
Cara mengatasi sakit telinga saat naik pesawat

Cara mengatasi sakit telinga saat naik pesawat dengan kondisi demikian sangatlah ada beberapa tips mencegah dan mengatasi rasa nyeri telingah saat naik pesawat. Dengan menguap beberapa kali, penutupan TE ditiadakan.anda dapat mencoba dengan menguap karena dapat membantu membuka TE dan dapat menghilangkan sensasi penuh dan berdegup di telinga Mengunya permen (mengisap permen) membuat TT terbuka. Saat terbuka , udara luar dapat kembali masuk kedalam gendang telinga melewati hidung dan tengggorokan sehingga  rasa nyeri segera hilang.

Tetes hidung dengan zat antibengkak ( misalnya ksilometazolin ) dapat memudakan terbukanya TE dengan efek yang sama. Bila obat ini diteteskan ½ jam sebelum pesawat naok atau turun, keluhan-keluhan bisa dihindariLakukan valsalva maneuver.  Untuk mengurangi masalah telinga dengan Valsalva maneuver adalah dengan cara menekan hidung mengunakan jari, ambil napas melalui mulut, dan keluarkan udara secara paksa melaluii hidung/ hidung tetap dalam kondisi ditutup.Minum obat dekongestan, obat ini dapat mengatasi masalah telinga yang disebabkan oleh perubahan tekanan udara  pada saat naik pesawat. Pastikan anda memilih obat dekongestan yang mengadung  pseudoefedrin. 

Gunakan ear plug ( sumbat kuping )khusus, ear plug ini dapat diperoleh diapotik atau took-tok di bandara. Biasanya ear plug ini terbuat dari karet silicon berukuran kecil yang memiliki filter untuk mengatasi perubahan tekanan udara di kabin pesawat.Minum air putih , cara ini anda bisa terapkan jika mengalami masalah telinga ataupun ada rasa pusing ketika berada di pesawat. Ada beberapa catatan yang perluh anda ketahui ketika ingin bepergian yaitu hindari menggunakan peasawat udara ketika sedang mengalami  pilek hebat atau sedang menderita radang rongga samping atau rongga TT, sebaiknya jangan melakukan perjalanan dengan pesawat udara karena jika anda tetap melakukannya maka gendang telinga akan lebih teregang sehingga tidak dapat bekerja dengan baik menyamakan tekanan. Jika terdapat masalah telinga yang tetap berlanjut, segera di periksa ke dokter spesialis THT.


Itulah tadi sedikit cara mengatasi nyeri telinga di dalam pesawat yang anda gunakan, mungkin bisa membantu mempermudah keadaan yang ada.
Facebook CommentsShowHide

0 comments

KOMENTAR ANDA?