-->

7 Fakta Tentang Black Hole


7 Fakta Tentang Black Hole - Black Hole atau lubang hitam adalah sebuah wilayah yang didefinisikan menurut matematis adalah ruang waktu yang menunjukkan seperti tarikan gravitasi yang kuat bahwa tidak ada partikel atau radiasi elekro yang bisa lepas dari tekanan gravitasinya. Teori relavitas umum memprediksi bahwa massa yang cukup padat untuk merusak ruang waktu untuk membentuk sebuah lubang hitam.

Nah Black Hole ini memikilik beberapa fakta unik yang mungkin belum anda ketahui, jadi mungkin disinilah saya membagikannya secara cuma untuk menambah wawasan anda tentang astronomi. Jadi tunggu apa lagi simak saja artikel ini.

INILAH FAKTA-FAKTANYA
1. Black Hole Menghasilkan daya gravitasi yang cukup besar karena black hole adalah pusat massa yang cukup besar juga, jadi wajar black hole memiliki daya gravitasi yang besar.

2. Karena medan gravitasi yang kuat, kecepatan hisapnya hampir setara dengan kecepatan cahaya yang dianggap kecepatan tercepat di alam semesta.

3. Benda apapun jika sudah terhisap tidak akan bisa lolos kecuali melalui terowongan yang disebut terowongan kuantum.

4. Misteri lubang hitam hampir disamakan dengan konsep misteri segitiga bermuda, hanya saya segitiga bermuda hanya menghisap kapal-kapal dan pesawat, namun jika blackhole berukuran lebih besar bahkan ada yang lebih besar dari matahari dan bisa menghisap apa saja termasuk planet.

5. Cahaya yang memiliki kecepatan super cepat bahkan tidak mampu untuk lolos dari medan gravitasi kuat yang dihasilkan oleh blackhole ini, WOW! mengerikan ya?.

6. Teori lubang hitam sudah ada sejak 2 abad yang lalu, pada tahun 1783 oleh Ilmuan John Mitchell ketika beliau meneliti dan mengkaji teori gravitasi oleh Isaac Newton.

7. Istilah lubang hitam digunakan pertama kalinya oleh ahli fisika Amerika Serikat bernama John Archibald Wheeler di tahun 1968, beliau menggunakan istilah ini karena blackhole tidak dapat dilihat, karena cahaya juga tertarik dan kawasan sekitar menjadi gelap seketika.

Nah jadi itulah beberapa fakta mengenai Black Hole atau Lubang Hitam, ada tidaknya merupakan kepercayaan masing-masing, namun blackhole sepertinya memang ada karena sudah banyak ilmuan yang mencoba menelitinya.

Mungin cukup sekian, semoga bermanfaat, dan apabila terdapat salah kata mohon maafkan saya.
Facebook CommentsShowHide

2 comments

gile udah diteliti dari tahun 1783 berarti segede apa ya teleskop yang mereka pakai pada waktu itu ._.

Balas

iya gan, selain itu masih banyak misteri dunia yang belum terpecahkan seperti segitiga bermuda

Balas

KOMENTAR ANDA?