-->

Bahaya Mengucek Mata


Bahaya Mengucek Mata - Mengucek mata muncul saat mata kita terasa gatal, sehingga niat mengucek mata akan datang secara alamiah yang berakibat menjadi merahnya mata dan perih. Namun tahukan bahwa mengucek mata sebenarnya memiliki bahaya lain selain itu.

Bahaya itu adalah melemahnya otot mata.

Tak heran apabila mengucek mata membuat mata merah dan perih. Bisa jadi juga penyebab merahnya mata dan perih saat mengucek adalah karena sanking asyiknya mengucek ketika rasa gatal itu hilang. Namun bagaimana jika tangan yang kita gunakan saat kotor?

"Mengucek mata, tidur dengan wajah menempel pada bantal atau berenang merupakan aktivitas yang dapat menyebabkan penekanan mata meningkat", ujar Professor Charles McMonnies, dari UNSW School of Optometry and Vision Science, dalam jurnal yang telah dipublikasikan berjudul Optometry and Vision Science, seperti dikutip dari Science.

Ketika menyentuh mata, kelopak mata tanpa tidak disadari akan mengalami peningkatan tekanan. Sebenarnya cahaya yang terlalu silau juga akan memberika tekanan pada kelopak mata, namun lebih rendah tekanannya dibanding dengan mengucek mata yang bisa memberikan tekanan hingga 4kali tekanan normal.

Seperti pada kasus mengucek mata sebelumnya, saat mengucek mata terjadi efek kombinasi antara menutup mata dengan kekuatan mengucek mata yang efeknya bisa memberikan tekanan lebih tinggi lagi hingga 10kali dari tekanan normal.

Tekanan normal akan memberikan konsekuensi yang rendah, namun apabila tekanan kuat dicampur dengan durasi yang lama akan mengakibatkan kontribusi kerusakan mata seperti glaukoma, lebih cepat untuk didatangi rabun jauh, bahkan kebutaan, ujar Professor Charles McMonnies.

Menghindari kontak mata dengan bantal/masker secara langsung merupakan salah satu upaya untuk mengurangi tekanan sensitiv pada mata. Saat mengucek mata juga akan melemahkan otot pengangkat kelopak mata ( levator palpebra ) sehingga ketika melihat mata kita dengan cermin seakan mata mengecil seperti mengantuk.

Untuk itu,hindari hal-hal ini agar hal diatas tidak terjadi :


  1. Tidur dengan kontak secara langsng dengan bantal, karena siapa tahu di bantal terdapat debu yang nembuat mata menjadi iritasi.
  2. Mengucek Mata.
  3. Menunduk, jadi saran saat membaca dengan posisi duduk saja karena menunduk juga akan memberikan tekanan.
Nah mungkin cukup sekian postingan kali ini, semoga bisa menambah wawasan anda dan apabila terdapat salah kata, mohon maafkan saya.

Facebook CommentsShowHide

3 comments

wahhhh,hal yang terlihat kecil dan sepele, bahaya nya besar banget
jangan lupa komen backnya di ronalsf.blogspot.com

Balas

Wah ternyata hal yang saya anggap sepele danmpak dan bahayanya cukup besar, saya sering mengucek mata nih soalnya apa lagi kalo lagi kelilipan

Balas

iya, :D , barusan saya malah ngucek mata :v

Balas

KOMENTAR ANDA?