-->

Pengertian, Penyebab, dan Cara Keluar dari Google Sandbox


Pengertian, Penyebab, dan Cara Keluar dari Google Sandbox - Sebagai seorang blogger, pasti anda akan ketakutan jika mendengar istilah ini. Kenapa tidak, blog yang sudah terkena efek dari google sandbox akan terancam popularitasnya, maka dari banyak para blogger yang ketakutan dan mulai berhat-hati ketika menjalankan aktivitasnya masing-masing di dunia blogging.

Pengertian Google Sandbox

Dimulai dari pengertian, google sandbox atau sebuah tindakan pelanggaran yang dilakukan oleh google terhadap sebagian konten blog ataupun seluruh konten blog. Efeknya, konten yang terkena penalti ini akan hilang dari mesin pencarian dalam waktu sementara maupun permanen. Maka dari itu, kita harus segera bersiap-siap mulai dari sekarang.

Untuk mengecek konten terkena google sandbox atau tidak, gampang saja, anda cukup kunjungi situs Sandbox Checker ini untuk memastikan " Blog saya kena juga apa nggak ya "

Penyebab Google Sandbox

Banyak sekali penyebab google sandbox, namun hal yang paling "menunjang" kenapa blog bisa terkena google sandbox adalah :

1. Artikel Copy Paste
Nggak perlu dibahas panjang lagi ya gan hehe :D. Udah tentu kalo artikel copy paste, pasti bakalan kena efek dari google sandbox ini. Jadi usahakan setiap membuat artikel itu harus bersih tanpa ternoda oleh copy paste ya gan.

2. Pengulangan Kata
Contohnya terdapat kata " Blog " 5kali di dalam 1 paragraf itu merupakan salah satu penyebab kenapa anda bisa terjebak ke penalti ini. Jadi kalo pas buat artikel yang rada teliti yah gan :D. Usahakan selalu menggunakan fitur Pratinjau yang sudah disediakan langsung oleh pihak blogger. Jika masih ada yang kurang tinggal di edit lagi deh.

3. Optimasi yang Berlebihan
Contohnya adalah penempatan keyword yang terlalu over dalam artikel, cloaking, dan satu lagi yang sepertinya tidak boleh disepelekan, Yaitu berlebihan dalam menggunakan bold/italy.

4. Ping dan Submit yang Menerus
Nah inilah kebiasaan para blogger yang menginginkan ranking blognya menjadi cepat lalu menggunakannya secara terus menerus. Sebenarnya boleh menggunakan tapi ada batasannya. Coba minimalkan 2 hari 1 kali mensubmit, pasti akan terasa lebih baik hehe.

5. Over Backlink
Para pakar seo sering sekali menganjurkan saya untuk mencari backlink yang banyak. Namun setelah saya search ke gugel, ternyata backlink yang terlalu berlebihan juga berdampak buruk pada blog kita. Salah satunya ya efek google sandbox ini. Jalan keluarnya adalah mencari backlink yang natural saja seperti 1 hari 2 backlink. 

Cara Keluar dari Google Sandbox

Nah buat kalian yang sudah terlanjur terjebak dalam penalti google yang satu ini, ada beberapa tips yang bisa anda terapkan di blog anda agar bisa keluar dan bebas lagi :D.

1. Sunting Artikel
Inilah cara pertama yang bisa anda lakukan. Pertama cek artikel yang anda curigai di situs yang sudah saya beritahu tadi. Jika termasuk dalam pelanggaran, anda cukup mensunting saja artikel itu dengan menambahkan sedikit kata, keyword, mengurangi kata, menambahkan link dan sebagainya.

2. Buatlah Artikel Baru
Buatlah artikel baru mengenai google sandbox, dan jangan lupa sisipkan link google.com di salah satu kata yang mungkin pas untuk diberikan. 

3. Submit Ulang Sitemap
Silahkan anda submit ulang sitemap anda melalui google webmaster, jika anda belum tahu caranya, silahkan cari di google, banyak banget kog :D.

4. Kurangi Optimasi yang Berlebihan
Mengurangi optimas merupakan salah satu jalan keluar alternatif jika ketiga cara diatas masih belum manjur. Caranya cukup membuat artikel sesuai bahasa anda saja tidak perlu digaya-gaya, diberi kata kunci yang banyak dan sebagainya.

5. Berdoa sambil menunggu.
Jika semua cara sudah diterapkan, sekarang anda hanya tinggal berdoa dan menunggu saja. Bayangkan di pikiran anda kalo blog agan itu udah lepas dari penalti mbah gugel yang satu ini.

Nah mungin cukup sekian, semoga bermanfaat dan apabila terdapat salah kata mohon maafkan saya. Jika ada pertanyaan, bisa ditanyakan di komentar ataupun di form contact. Terima Kasih.
Facebook CommentsShowHide

0 comments

KOMENTAR ANDA?