-->

Cara Menjaga Kualitas Air Kolam Ikan Koi

Cara menjaga kualitas air kolam ikan koi - Merawat kebersihan serta kondisi kolam ikan koi merupakan suatu keharusan yang memang menjadi pokok penting dalam merawat ikan agar tetap hidup dengan sehat karena bagaimanapun juga menjaga kualitas serta kondisi air kolam dalam hal kebersihan merupakan hal yang bagus untuk kelangsungan hidup para ikan koi kedepanya. Dengan air kolam untuk menjadi sara budidaya dengan menegetahui kualitas air kolam maka akan mengetahui juga kondisi kesehatan ikan koi.
Cara Menjaga Kualitas Air Kolam Ikan Koi
Cara Menjaga Kualitas Air Kolam Ikan Koi

Cara merawat kebersihan air kolam ternyata bisa juga untuk menjaga kualitas warna pada kulit ikan koi luh dengan membersihkan dengan selalu menjaga kebersihan dan kualitas dengan tetap menjaga keseimbangan PH pada air dan menjaga agar tidak keruh , karena kejernihan air kolam ikan sangat berpengaruh sekali, coba bayangkan saja jika air menjadi keruh, kondisi PH tidak di perhatikan, pasti umur ikan koi anda tidak akan hidup bertahan lama.

Tips Menjaga Kualitas Air Kolam Ikan

  1. Pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan melihat jumlah ikan yang berada di kolam tersebut dengan menyortir jumlah iklan maka bisa untuk mengira-ngira dan mengkondisinikan jumlah ikan dan luasnya kolam ikan koi tersebut, untuk lebih bagus dan membuat ikan lebih bisa bebas untuk bernafas bisa di buatkan seperti air terjun mini, air mancur silahkan filter untuk sirkulasi udara dan lain sebagainya.
  2. Yang selanjutnya silahkan ilter udara untuk membantu menyaring zat zat kimia yang terdapat pada kolam ini bisa membantu agar ikan koi tetap sehat dan tentunya bersih dari bahan kimia yang membuat ikan tidak bisa hidup sehat.
  3. Membuat desain kolam ikan sesuai selera kalian dan tentunya juga nyaman jika di beri ikan, semisal nya 70% untuk ukurang kolam yang berisi ikan dan airnya, nah yang 30% bisa digunakan sebagai system ruangan filter udara nantinya dan mendukung kebersihan kolamnya. Tinggi kolam bisa memilih 1-2 meter untuk membuat kondisi suhu yang stabil untuk ikan.
  4. Nah yang perlu diperhatikan lagi adalah untuk menghindari membuat sudut 90 derajat disetiap sudut kolam hal ini untuk mencegah area kola seperti mati sebaiknya buatlah sudut kolam dengan melengkung ini lebih efektif agar aliran air sempurna. Menguras kolam ikan secara berkala juga akan membuat ikan koi hidup sehat dan sejahtera.
  5. Untuk menjaga kejernihan air hal-hal yang bisa kita lakukan diataranya, ada yang harus dilakukan dan ada yang harus dihindari, hal yang harus dilakukan misalnya memasang filter kolam, manjaga PH air dan menjaga kebersihan pipa filter. Memasang filter air pada kolam ikan dapat dilakukan untuk menyaring kotoran dalam kolam yang berupa kotoran ikan itu sendiri atau sisa makanan
  6. Adapun yang harus dihindari diantaranya, jangan terlalu banyak terkena sinar matahari, karena hal ini akan memicu tumbuhnya lumut. Lakukan juga pengurangan populasi ikan secara berkala karena ikan akan bertambah besar dan kolam tidak bisa membesar dengan sendirinya, hal ini bisa dilakukan dengan mengambil satu persatu ikanya.
Demikianlah beberapa tips cara menjaga kualitas air kolam ikan dengan benar dan lengkap yang harus di hindari hal ini bisa diterapkan ketika sedang membudidayakan ikan koi terutama, semoga bermanfaat.
Facebook CommentsShowHide

0 comments

KOMENTAR ANDA?