-->

Cara Memainkan Harmonika Untuk Pemula

Cara memainkan harmonika bagi pemula –  Memainkan harmonika untuk 24 atau 20 lubang sangatlah sulit dilakukan karena merupakan sebuah alat musik tradisional yang berasal dari China dan terkenal dengan nama “Sheng”. Alat musik ini sudah mulai digunakan sejak masa kekaisaran Nyu-kwa yaitu sekitar 5000 tahun yang lalu. Pada tahun 1821, ditemukan harmonika modern oleh Christian Friedrich Buschmann. Dalam mempelajari cara memainkan musik harmonika sobat sekalian harus tahu dulu tentang nada oktaf alat musik yang unik ini.

Untuk cara memainkan harmonica bagi pemula itu sungguh sulit karena harus tekun belajar dengan giat juga selain itu banyak sekali jenis harmonika seperti tremolo, diatonic dan kromatik dengan begitu banyak jenis maka ada panduanya juga untuk mencari tutorial cara memainkan harmonika Chromatic 24 lubang memang agak sedikit susah, malah jika kita searching-searching kesana kemari yang kita temukan adalah tutorial harmonika 10 lubang gimana yah.
Cara memainkan harmonika untuk pemula
Image dari detik.com

Sungguh menjengkelkan sekali bukan? apalagi jika tergolong masih pemula untuk memainkan alat tersebut. Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai  cara cepat memainkan harmonika untuk pemula berikut ini :

4 Cara Memainkan Harmonika Bagi Pemula

  1. Yang harus anda ketahui adalah bahwa harmonika dengan 24 lubang terdiri dari 3 oktaf yaitu dari do bawah sampai do tinggi. Kelebihan jika kita menggunakan harmonika Chromatic ini adalah kita hanya perlu menekan tombol yang ada di bagian kanan agar nada bisa naik setengah tingkat.
  2. Kita harus memperhatikan dimana tempat yang pas untuk menata letak bibir dan lubang harmonika dengan tujuan agar suara yang dihasilkan saat di hirup dan di tiup sesuai dengan nada apa yang kita harapkan.
  3. Membaca menggunakan not angka dengan menggunakan bilangan-bilangan genap seperti 2 (re), 4 (fa), 6 (la) dan juga satu not angka 7 harus dihirup. Sedangkan untuk bilangan ganjil kecuali angka 7 (si) semuanya harus di tiup. Dengan demikian anda akan menghafalnya dengan mudah.
  4. Selain itu anda juga harus melatih bibir anda dengan sering-sering memainkan nada-nada do re mi fa so la si do dan sebaliknya yaitu do si la so fa mi re do agar anda lebih mahir dan lancar dalam memainkan harmonika.
Demikian ulasan mengenai cara memainkan harmonika untuk pemula sebenarnya tidak ada yang sulit jika kita mau mencoba dan berusaha lebih keras lagi terimakasih sudah membaca cara memainkan harmonika untuk pemula secara cepat.
Facebook CommentsShowHide

0 comments

KOMENTAR ANDA?